Dunia e-sports Jepang berkembang pesat: pada tahun 2022, pasar Esports domestik akan mencapai 12,5 miliar yen dan pertumbuhan ini diperkirakan akan terus berlanjut.
Di era baru hiburan digital, perpaduan antara Esports dan gacha online membuka berbagai kemungkinan baru.
Terobosan Esports
Populasi penggemar Esports di Jepang telah melampaui 7,76 juta dan diprediksi akan melampaui 10 juta pada tahun 2025.
Pertumbuhan ini disebabkan oleh penyebaran budaya bermain game, terutama di kalangan generasi muda, dan meningkatnya kesadaran akan Esports sebagai kompetisi profesional.
Secara khusus, acara hybrid online dan offline telah memungkinkan audiens yang lebih luas untuk menghadiri acara Esports.
Perkembangan Gacha Online
Dalam beberapa tahun terakhir, gacha online telah menjadi sangat populer di Jepang sebagai hasil dari kemajuan teknologi dan meluasnya penggunaan ponsel pintar.
Gacha awalnya mengacu pada mesin game dengan sistem acak untuk mendapatkan item dan karakter, tetapi sekarang telah diadaptasi ke aplikasi seluler dan platform online, di mana pemain ‘menarik’ item dan karakter virtual melalui transaksi mikro. Sistem ini memungkinkan pemain untuk ‘menarik’ item dan karakter virtual melalui transaksi mikro.
Model ini telah berkembang dengan diperkenalkannya game yang menggabungkan gameplay, cerita, dan elemen koleksi, seperti Fate/Grand Order, Ark Knights, dan Genkai Ibunroku. Gacha online di Jepang bukan hanya sebuah bentuk hiburan, tetapi juga kontributor yang signifikan terhadap industri game Jepang dan ekonomi digital, meskipun ada kontroversi mengenai praktik transaksi mikro dan potensi kecanduan.
Cara Memilih Game Gacha Online
Saat memilih game gacha online, penting untuk mempertimbangkan dengan cermat faktor-faktor berikut:
- Lisensi dan keandalan: pilih operator game yang memiliki lisensi yang sah;
- Langkah-langkah keamanan: perlindungan data dan keamanan dana;
- Variasi jenis permainan: berbagai pilihan, termasuk gacha Esports;
- Dukungan pelanggan: ketersediaan dukungan bahasa Jepang.
Dalam hal ini, Bitstar menawarkan keandalan tingkat tinggi dan jajaran permainan yang luas, membuatnya populer di kalangan pemain Jepang. Ini juga mendukung transaksi dalam aset kripto dan menampilkan teknologi keamanan terbaru.
Potensi dan Tantangan Pasar
Pasar Esports dan game gacha online memiliki potensi pertumbuhan yang signifikan dengan meningkatnya jumlah pemain dan penonton di seluruh dunia.
Esports terus berkembang sebagai industri hiburan global dengan turnamen besar dan sponsor yang terus bertambah, sementara game gacha online menarik minat karena mekanisme pengumpulan karakter dan item yang menarik para pemain.
Namun, tantangan utama yang dihadapi kedua pasar ini adalah masalah regulasi terkait transaksi mikro, kecanduan, dan ketergantungan finansial pada pemain.
Selain itu, persaingan yang meningkat dan perubahan preferensi pemain memaksa pengembang untuk tetap inovatif agar tetap relevan dan menarik di pasar yang terus berubah.
Prospek Masa Depan
Konvergensi Esports dan game gacha online merevolusi industri hiburan, yang paling penting:
- Ekspansi lintas platform: memberikan pengalaman yang mulus dari perangkat seluler ke PC;
- Penggunaan AI: menciptakan lingkungan permainan yang lebih adil dan aman;
- Pembangunan komunitas: mempromosikan interaksi pemain dan meningkatkan fungsi sosial.
Harapan untuk deregulasi dan perkembangan industri yang sehat juga tumbuh di pasar Jepang. Esports dan gacha online akan semakin berkembang sebagai bentuk baru hiburan digital.
Kesimpulan
Konvergensi Esports dan game gacha online membawa kemungkinan baru ke pasar hiburan digital Jepang.
Seiring dengan inovasi teknologi dan pasar yang semakin matang, diharapkan dapat memberikan layanan yang lebih aman dan menarik.
Perkembangan industri ini akan menjadi bagian penting dari ekonomi digital Jepang.
Di bawah regulasi yang tepat, dan menyeimbangkan operasi yang bertanggung jawab dengan perlindungan pemain, bentuk hiburan baru ini kemungkinan besar akan mengalami pertumbuhan lebih lanjut.
Artikel ini Rangkuman Dari Berita : https://www.vcgamers.com/news/asyik-bermain-game-esports-dan-gacha-online-di-jepang/